Senin, 12 Oktober 2015

Gelombang

Dalam unit ini kita akan membahas sifat-sifat gelombang dan jenis gelombang. Selain itu, kami akan mencoba untuk menjelaskan situasi yang tidak dapat dijelaskan dengan sifat cahaya materi. Gangguan bentuk hal-hal elastis diangkut dari satu ujung ke lainnya oleh partikel materi itu, kita sebut gelombang proses ini. Hati-hati, selama transportasi, tidak ada materi yang diangkut.

Gelombang diklasifikasikan dengan cara yang berbeda dengan sifat-sifat mereka. Sebagai contoh, gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik diklasifikasikan menurut media mereka mengangkut energi. Gelombang air dan gelombang suara adalah contoh dari gelombang mekanik sebaliknya, gelombang cahaya, gelombang radio adalah contoh dari gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik dapat merambat dalam ruang hampa, tetapi gelombang mekanik perlu media untuk mengangkut energi.

Gelombang dapat merambat 1D, 2D dan 3D. Gelombang musim semi adalah contoh dari gelombang 1D, gelombang air adalah contoh dari gelombang 2D dan cahaya dan suara gelombang adalah contoh gelombang 3D.

Kita dapat mengkategorikan gelombang sesuai dengan arah propagasi mereka di bawah dua judul; gelombang longitudinal dan gelombang transversal.


Transverse Gelombang: Dalam jenis gelombang, arah gelombang dan gerakan partikel tegak lurus satu sama lain. Gambar yang diberikan di bawah ini menunjukkan jenis gelombang ini.


Gelombang Longitudinal: Dalam jenis gelombang, arah partikel dan gelombang yang sama. Lihatlah gambar di bawah ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar